Rabu, 20 November 2013

Pengenalan PHP untuk web Programing

Rasanya udah lama banget gak pernah update artikel blog. Maklum kemarin kemarin lagi sibuk ini itu. ( Sok sibuk. heheheh ) Apa kabar guys, dah pada nungguin ya update terbaru dari Tabuty Zone ?
Kali ini saya mau share ilmu tentang PHP. Eits, jangan kira PHP = Pemberi Harapan Palsu ya, PHP yang saya maksud disini adalah salah satu bahasa pemrograman berbasis website yang cukup terkenal.

Sebelum saya kasih pelajaran lebih lanjut ada baiknya kita kenali dulu apa itu PHP ? PHP adalah suatu bahasa pemrograman yang diimplementasikan dalam sebuah website untuk membuat sebuah website dinamis. tanpa adanya script PHP website itu belum bisa dikatakan sebagai website dinamis. Script PHP akan kita gunakan dalam website untuk input artikel, edit artikel, upload gambar, dll.

Dalam sebuah website pemrograman PHP kita deklarasikan diantara tag <?php dan ?> . Script lain yang berada diluar kedua tag itu akan dianggap oleh brower sebagai kode HTML biasa. Script PHP dapat kita sisipkan dalam script HTML dengan mendeklarasikannya dengan tag diatas.

File PHP harus kita simpan dalam web server yang kita install dalam komputer kita. Beberapa web server yang dapat kita pakai antara lain : XAMPP, PHP Triad, WAMP Server, dll. Dalam pembelajaran ini saya akan menjelaskan menggunakan XAMPP.

Dalam XAMPP file php kita simpan didalam folder htdocs. Untuk membuka file php yang sudah kita simpan dalam htdocs, kita cukup ketikkan localhost/nama_file.php dalam browser kita. Cukup simple bukan?
Anda bisa download XAMPP untuk web server anda di sini.

 Berikut akan saya beri contoh penulisan script php:

<?php
echo "Ini adalah File PHP pertama saya";
echo "Saya senang belajar PHP";
?>

Simpan dengan nama pertama.php

Saya rasa sudah cukup untuk pengenalan PHP kali ini. Untuk pembelajaran lain, akan saya sambung dalam tutorial yang akan datang. Semoga bermanfaat buat para pembaca Tabuty Zone. Terima kasih telah mengunjungi blog saya.

0 komentar:

Posting Komentar